Selasa, 12 Oktober 2010

E-BUSINESS

E-business

E-business adalah suatu kegiatan menjalin relasi antara konsumen/ klien, bertukar data dalam satu perusahaan dengan menggunakan internet. Bertukar data dalam perusahaan itu contohnya jika manajer pembelian PT X(kerja di kantor pusat,misal Jakarta) ingin tahu data penjualan barang Y dari kantor cabang di kota Ambon. Lalu ia minta dikirimin datanya melalui internet. Dengan cara ini lebih mudah, murah dan cepat.

E-Business atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

E-Business adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk mendukung semua aktivitas bisnis.Derasnya arus globalisasi memaksa kita untuk bisa memanfaatkan ICT sebagai bisnis. Saat ini dunia perdagangngan tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangngan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan instan sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut maka kini muncul transaksi yang menggunakan media Internet untuk menghubungkan antara produsen dan konsumen. Transaksi melalui Internet ini lebih dikenal dengan nama E-Business

Banyak perusahaan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengoptimisasi proses bisnis yang dimilikinya, tapi mereka kadang masih membangun solusi dengan sistem yang tidak terintegrasi. Sistem tersebut terpisah berdasarkan unit kerja maupun berdasarkan proses bisnis. Hal ini akan menjadi halangan ketika suatu proses membutuhkan kolaborasi dengan proses lain untuk dapat menyelesaikan jalannya proses tersebut.

Manajemen Proses Bisnis (BPM) adalah solusi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengelola proses bisnis yang mereka miliki Dengan BPM perusahaan dapat dengan mudah memodelkan dan mengubah proses bisnis sesuai kebutuhan agar dapat dioptimisasi, yang pada akhirnya akan mengurangi ongkos produksi, meningkatkan efisiensi karyawan, meningkatkan kepuasan pelanggan, memperbaiki hubungan dengan partner bisnis, dan pada akhirnya adalah meningkatkan keuntungan perusahaan.

Tujuan dari implementasi e-Business adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data Sumber Daya Manusia, Keuangan, Supply Chain Management / Logistic Management. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana komunikasi & informasi bagi publik dan stakeholder lainnya. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.

Manfaat implementasi e-Business adalah :

• Meningkatkan kinerja operasional perusahaan,

• Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan pendanaan yang sangat luas,

• Meningkatkan efisiensi perusahaan,

• Mempermudah pengelolaan aset perusahaan

• Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan,

• Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder,

• Mengatasi kesenjangan digital,

• Media mempromosikan kompetensi perusahaan,

• Memperlancar kegiatan ekonomi,

• Memperlancar transaksi bisnis,

• Sarana penyebaran informasi secara luas,

• dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar